Sejarah Lengkap Berdirinya Bank Mandiri

4954 views

Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari restrukturisasi perbankan yang di laksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Bank Mandiri merupakan penggabungan atau peleburan dari empat buah bank milik pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia.

Sejarah Bank Mandiri

Berikuti ini penjelasan lengkap dan ringkas mengenai sejarah berdirinya bank mandiri :

sejarah lengkap bank mandiri

Bank Bumi Daya

Awal berdirinya Bank Bumi Daya yakni ketika dinasionalisasikan sebuah perusahaan milik belanda yaitu De Nationale Handelsbank NV, menjadi bank umum pada tahun 1959. Kemudian, pada tahun 1964, sebuah bank yang dulunya milik pemerintah Inggris bernama Chartered Bank dinasionalisasikan, saat itu Bank Umum di beri hak untuk meneruskan opersional bank tersebut.

Setelah itu, pada tahun 1965 Bank Umum digabungkan dengan Bank Negara Indonesia lalu mengganti namanya menjadi Bank Negara Indonesia Unit kemudian beralih menjadi Bank Bumi Daya.

Bank Dagang Negara

Bank Dagang Negara tercatat sebagai salah satu bank tertua di Indonesia dengan kata lain termasuk ke dalam bank yang pertama didirikan di Indonesia. Awalnya bank ini didirikan di Batavia yang sekarang di kenal sebagai Jakarta pada tahun 1857 oleh Pemerintah Belanda dengan nama Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij.

Selama masa operasionalnya Bank Dagang Negara telah mengalami beberapa kali perubahan nama diantaranya pada tahun 1949, berubah nama menjadi Escomptobank NV.Kemudian pada tahun 1960, Escomptobank NV di nasionalisasikan oleh Pemerintah Indonesia dan berubah nama menjadi Bank Bumi Daya, yang bertugas atau berfungsi sebagai pemberi biaya dalam bidang industri dan pertambangan.

Bank Ekspor Impor Indonesia

Berdirinya Bank Ekspor Impor Indonesia ini berawal dari sebuah perusahaan milik Pemerintah Belanda yang bernama N.V.Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842. Perusahaan ini bergerak di bidang perbankan pada tahun 1870.

Kemudian pada tahun 1960 perusahaan ini dinasionalisasikan oleh Pemerintah Republik Indonesia lalu pemerintah Indonesia melakukan penggabungan antara Bank Negara Indonesia dengan perusahaan tersebut menjadi Bank Negara Indonesia Unit II pada tahun 1965. Bank ini bertugas untuk membiayai kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan oleh pemerintah.

Bank Pembangunan

Awalnya Bank Pembangunan adalah sebuah bank yang bergerak di bidang industri atau Bank Industri yang berdiri pada tahun 1951 kemudian pada tahun 1960 bank ini dijadikan sebagai bank milik pemerintah/negara yang tugasnya adalam membantu pembangunan nasional dengan cara memberikan pinjaman jangka panjang dan jangka menengah untuk beberapa sektor yakni sektor pariwisata, sektor manufaktur dan sektor transportasi.

Perbankan Sejarah

author
Indra Sugiarto adalah seorang penulis online dan internet marketer yang suka blogging, bermain PC games, bermain Playstation, dan membaca komik dan tidak lupa juga dengan hobinya yang suka nonton Anime. Dia adalah CEO dari web IndraSugiarto.com, mungkin usianya masih muda tapi apalah arti sebuah usia. Saat ini, ia ingin meneruskan studinya ke sebuah Universitas Negeri di Provinsi Riau atau ingin mendaftar sebagai Mahasiswa baru setelah 2 tahun menganggur di rumah.

Related Post

Leave a reply