Cara Mengatasi Error pada Modem Dialup Sering Disconnect

1159 views

Penggunaan modem dial up di Indonesia saat ini sangat banyak, ada berbagai macam merek dan fitur yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dari harga yang paling murah sekitar Rp. 250.000 hingga jutaan perunitnya. Penggunaan modem dialup ini sangat banyak karena beberapa faktor yang paling umum dikemukakan para pembelinya diantaranya harga yang terjangkau, portable, penggunaan bebas (bisa digunakan kapanpun hanya dengan membeli kuota), tidak perlu tagihan bulanan, sebagian modem bisa menerima jaringan 3G dan bisa berbagi jaringan menggunakan fitur Hotspot.

Diatas adalah beberapa kelebihan menggunakan modem dialup. Nah, ada juga kekurangan yang harus anda ketahui, mungkin sebagian pengguna modem ini pasti tahu dan merasakan hal ini terutama yang tinggal jauh dari kota.

Kelemahan tersebut diantaranya : harga paket kuota masih sangat mahal untuk beberapa provider, jaringan kadang down bahkan hilang mendadak,modem sering disconnect (beberapa kasus saya pernah mengalaminya).

mengatasi modem flash error

Cara Mengatasi Error pada Modem DialUp Sering Disconnect

Pada keterangan diatas saya sudah jelaskan mengenai kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh modem dialup dan pada postingan ini kita akan bahas mengenai mengenai masalah modem dialup yang sering disconnect serta bagaimana solusinya, berikut penjelasannya.

Penyebab masalah tersebut bisa di golongkan menjadi beberapa hal.
1. Error pada saat penginstalan driver pertama kali ( biasanya komputer atau laptop mati saat install driver dan bisa juga perangkat modem tercabut saat instalasi berlangsung )

2. Registry modem tersebut error atau corrupt

3. Driver pada modem rusak atau corrupt

Cara mengatasi error tersebut anda biasa lakukan cara dibawah ini

1. Coba untuk melakukan uninstal dulu driver/software dari modem tersebut, jangan lupa untuk mencabut perangkat terlebih dulu sebelum melakukan uninstal sebab driver pada perangkat bisa ikuti terhapus bila perangkat masih terpasang pada komputer.

2. Bersihkan registry dan file sampah dari hasil uninstall driver modem tersebut dengan software Ccleaner.

3. Setelah proses pembersihan selesai, lanjutkan dengan me-restart komputer/laptop anda.

4. Langkah selanjutnya, pasang usb modem flash dengan colokan yang benar dan usahakan tidak goyang. Lalu install kembali driver modem tersebut. Jangan dicabut hingga ada pesan bahwa instalasi sukses.

Selain cara diatas, anda bisa juga menggunakan tips sederhana dibawah ini

1. Gunakan ping agar jaringan tidak putus. Caranya : Tekan tombol Start + R secara bersamaan, kemudian ketik ping 8.8.8.8 -t lalu tekan enter.

Bila masalah yang sama masih terjadi, anda bisa gunakan driver modem usb lain. Silahkan anda cari di google.

Dalam suatu kasus, masalah ini susah untuk di atasi walaupun sudah melakukan install ulang pada sistem operasi ( OS ) yang digunakan pada komputer. Bila masalah ini masih belum bisa teratasi sebaiknya anda upgrade sistem operasi anda. Kebanyakan masalah ini saya temui pada siste operasi windows xp, jadi bila anda menggunakan windows xp sebaiknya upgrade ke windows vista atau 7.

Demikian artikel saya mengenai cara mengatasi modem sering disconnect saat internetan, semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah anda. Jika tidak, semoga bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda. Jangan lupa like dan share ya

Internet Modem

author
Indra Sugiarto adalah seorang penulis online dan internet marketer yang suka blogging, bermain PC games, bermain Playstation, dan membaca komik dan tidak lupa juga dengan hobinya yang suka nonton Anime. Dia adalah CEO dari web IndraSugiarto.com, mungkin usianya masih muda tapi apalah arti sebuah usia. Saat ini, ia ingin meneruskan studinya ke sebuah Universitas Negeri di Provinsi Riau atau ingin mendaftar sebagai Mahasiswa baru setelah 2 tahun menganggur di rumah.

Related Post

Leave a reply